27 Rekomendasi Tempat Wisata di Lampung Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Wisata Lampung – Lampung merupakan salah satu Provinsi yang terletak di pulau Sumatera bagian Timur yang memiliki banyak tempat wisata keren.

Karena mempunyai pemandangan alam yang sangat berharga dan indah. Tak hanya terdapat gunung dan pantai saja, tetapi ada juga sejumlah peninggalan sejarah yang mampu memberikan kamu pengalaman berbeda dan pengetahuan.

Cukup banyak tempat menakjubkan nan indah di Lampung, tetapi belum banyak yang mengabadikannya. Sehingga kurang familiar di kalangan wisatawan Indonesia.

Kami rekomendasikan kamu untuk berkunjung ke tempat wisata di Lampung ini, baik untuk sekedar memanjakan mata maupun belajar sejarah lokal.

27 Rekomendasi Tempat Wisata di Lampung Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Berikut daftar destinasi wisata lampung yang perlu kamu pertimbangkan untuk mengunjunginya saat liburan:

1. Danau Biru Tambang Batu Kapur-Padas

wisata lampung

Jika Kamu mempunyai waktu berlibur dan ingin berkunjung ke danau. Tempat wisata Danau Biru Tambang Batu Kapur-Padas bisa menjadi pilihan terbaik.

Uniknya, lokasi wisata ini juga menjadi lokasi pertambangan. Sehingga, kamu bisa menikmati keindahan tebing bekas galian dan birunya air danau dalam sekali tatap.

Memberikan kamu pengalaman tak terlupakan dan memanjakan mata. Sangat cocok juga sebagai background untuk berfoto lhooo.

2. Taman Wisata Bumi Kedaton

wisata lampung

Wisata Lampung yang satu ini menawarkan paket komplit liburan yang menarik. Karena tersedia berbagai fasilitas hiburan mulai dari resort, waterpark, hingga kebun binatang yang tentunya membuat kamu betah berlama-lama di tempat wisata ini.

Taman Wisata Bumi Kedaton memiliki beraneka satwa seperti beruang madu, alligator, monyet ekor panjang, beragam jenis burung, buaya, ular piton, siamang dan juga landak. Cocok sekali sebagai tempat liburan keluarga bersama anak-anak sambil mengenalkan mereka dengan berbagai jenis satwa.

3. Pulau Balak

wisata lampung

Pulau Balak menawarkan kamu keindahan pasir putih sekaligus suasana alam yang sangat tenang. Lengkap dengan angin sepoi-sepoi dan birunya hamparan air laut yang luas dan jernih. Mampu membuat kamu lupa waktu dan nyaman berada di lokasi wisata yang satu ini.

Selain itu, Pulau Balak juga menyediakan fasilitas penginapan yang bisa kamu sewa jika ingin bermalam. kamu akan merasakan pengalaman berlibur di pulau pribadi saat berkunjung ke pulau ini, karena suasananya yang hening.

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di pulau ini seperti bermain air, berenang, snorkeling, dan berbagai wahana lainnya. Sehingga cocok sebagai tempat wisata favorit bagi kamu yang benci akan kebisingan.

4. Pantai Pasir Putih

Seperti namanya, wisata pantai Lampung ini memiliki pasir yang bersih dan berwarna putih. Itulah yang menyebabkan warna air lautnya yang bening akan tampak kebiruan ketika cuaca sedang cerah.

Pastinya pemandangan alam yang indah dan langka ini menjadi incaran bagi sebagian besar wisatawan. Pesona pantainya super luar biasa ini wajib kamu kunjungi.

5. Pantai Embe

wisata pantai lampung

Pantai Embe yang terkenal dengan keindahannya ini berada di dekat kota Bandar Lampung dengan jarak kurang lebih 45 km saja.

Jika kamu memakai transportasi umum seperti bus pariwisata, waktu yang kamu perlukan untuk mencapai Pantai Embe hanya 35 menit saja. Namun, apabila memakai kendaraan pribadi pastinya akan lebih cepat sampai.

6. Pantai Wartawan

Tempat wisata di Lampung berikutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Wartawan. Aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berada di pantai ini, yaitu membuat istana pasir atau bermain air. Kemudian, kamu juga bisa menyewa perahu motor maupun perahu dayung untuk menyusuri area sekitar pantai.

7. Pantai Teluk Kiluan

pantai lampung

Pantai Teluk Kinan juga memiliki laut berwarna biru dari pantulan langit yang ceraj dan pasir berwarna putih. Jika bosan bermain pasir, kamu dapat memasuki area pertunjukan lumba-lumba yang sedang melakukan atraksinya.

Area atraksi lumba-lumba ini menjadi tempat favorit anak-anak hingga orang dewasa yang berkunjung ke Pantai Teluk Kiluan.

8. Bukit Batu Tumpang

Bukit Batu Tumpang menjadi tempat wisata keren di Lampung selanjutnya yang bisa menjadi pilihan untuk lokasi liburan kamu. Menawarkan daya tarik dan keindahan bukit yang unik, yaitu bebatuan yang saling tumpang tindih.

Spot terpopuler di lokasi ini, yaitu sebuah bukit yang memiliki batuan kecil yang dapat menopang batu besar. Pesona alam yang dimiliki oleh Bukit Batu Tumpang juga sangat indah dengan banyaknya pepohonan hijau dan pemandangan pegunungan.

9. Danau Bekri

Danau Bekri menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal sampai luar negeri. Karena danau ini memiliki sebuah gundukan timbunan tanah dengan ketinggian yang membuatnya tampak seperti sebuah pulau.

Objek itulah yang menjadi keunikan dan daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Danau Bekri. Bagi kamu yang tertarik untuk menikmati dan menyaksikan keindahan alam dari Danau Bekri, harus melalui sebuah jembatan kayu dengan berjalan kaki hingga ke pulau kecilnya.

10. Danau Tirta Gangga

Wisata alam Lampung ini juga sekaligus sebagai wisata religi. Sebab, Danau Tirta Gangga tak hanya memiliki pemandangan danau yang indah. Namun, juga mempunyai sebuah tempat ibadah atau Pura bagi umat Hindu. Pura tersebut terletak di atas air, sehingga menjadi keunikan tersendiri seperti halnya objek wisata di Bali.

11. Pantai Tanjung Setia

Destinasi wisata yang satu ini mempunyai ombak yang sangat cocok untuk kamu gunakan berselancar. Karena pantai ini memiliki rima ombak bergelombang yang sedikit agak besar.

Katanya, ombak di Pantai Tanjung Setia menjadi ombak terbaik di dunia bagi para peselancar. Sehingga, suatu anugerah yang besar bagi Indonesia telah mempunyai pantai super indah yang satu ini.

Sebagian spot juga cocok untuk kamu memancing ikan blue marlin, jika beruntung. Karena banyaknya jumlah wisatawan yang mengunjungi Pantai Tanjung Setia, membuat warga lokal tergerak untuk membangun penginapan di dekat pantai. Jadi kamu bisa menginap saat berlibur kesini.

12. Air Terjun Lembah Pelangi

Lokasi air terjun ini ada di batas tebing dan mempunyai air mengalir yang sangat jernih. Sehingga menjadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata air terjun di Lampung ini.

Air terjun ini baru terkenal di tahun 2015 yang awalnya mempunyai nama air terjun Pondok Rejo. Namun, kurang menarik minat para wisatawan untuk berkunjung pada awalnya.

Tetapi setelah viral dan sering muncul di berbagai platform media sosial, kemudian namanya berganti menjadi Air Terjun Lembah Pelangi. Supaya tampak kekinian dan semakin banyak orang yang berminat untuk mengunjunginya.

13. Air Terjun Curup Tujuh

Jika kamu merencanakan liburan bersama teman-teman atau orang banyak, kau bisa melakukan kegiatan seru di lokasi wisata ini. Misalnya, panjat tebing, berkemah, atau trekking. Berbagai kegiatan tersebut tentunya akan sangat seru bila kamu lakukan secara beramai-ramai di Air Terjun Curup Tujuh.

14. Taman Wisata Lembah Hijau

taman wisata lampung

Tempat wisata di Lampung selanjutnya berupa wahana air yang lumayan banyak memiliki pengunjung setia. Sebab lokasinya tampak sangat menarik dan juga indah.

Ada sejumlah permainan yang dapat kamu lakukan bersama keluarga ataupun teman terdekat. Misalnya, water boom, boom air, dan seluncur air. Apabila kamu tidak ingin berbasah-basahan, kamu dapat berjalan kaki menyusuri area sekitar kebun binatang mini. Letaknya masih dalam area Taman Wisata Lembah Hijau.

15. Slanik Waterpark

Objek wisata yang satu ini berupa wahana air yang menawarkan berbagai wahana permainan air. Mulai dari Crazy Slide, Dragon River, Eagle Wave, Olympic Pool, dan juga Octopus Kids Fun. Melakukan berbagai permainan tersebut pastinya sangat menarik, seru, dan memberikan pengalaman tak terlupakan.

16. Waterpark Citra Kedaton

Destinasi wisata Lampung berupa wahana air ini memiliki berbagai permainan, mulai dari waterboom, kolam arus, dan juga pancuran air. Tetapi, Waterpark Citra Kedaton ini hanya buka dari hari Rabu sampai Minggu saja. Sebab, pada hari Senin dan Selasa pihak wahana melakukan perawatan seperti pembersihan wahana permainan air ini.

17. Way Belerang

Bagi kamu yang ingin mencoba objek wisata air panas, Way Belerang adalah pilihan yang tepat. Karena objek wisata yang satu ini mempunyai kolam pemandian khusus air panas yang suhu panasnya berasal dari bagian bawah kolam.

Sambil berenang, kamu juga bisa sekaligus memandangi kemegahan dan keindahan pesona alam dan gunung di sekitar Way Belerang yang sangat menakjubkan. Jangan khawatir, area ini juga sudah menyediakan berbagai fasilitas dan wahana untuk para pengunjungnya.

18. Pantai Guci Batu Kapal

Tempat wisata di Lampung yang berupa pantai berikutnya yang harus kamu masukkan ke dalam list liburan adalah Pantai Guci Batu Kapal. Pantai ini populer dengan keindahan pasir pantainya yang bertekstur lembut dan berwarna putih.

Sehingga menjadikannya area favorit dan destinasi wisata paling diminati oleh para pecinta pantai. Bahkan, tidak jarang pengunjung yang hanya datang untuk sekedar melepas penat sambil menikmati belaian angin sepoi-sepoi di pinggiran pantai.

19. Pantai Canti

Nilai plus dari Pantai Canti adalah indahnya pemandangan perbukitan dan pulau kecil di sekelilingnya serta kejernihan air lautnya. Di sekitar pantai juga tumbuh subur pepohonan yang membuat udara menjadi sejuk dan nuansa yang sangat asri. Cocok banget untuk menjadi tempat healing.

20. Kawah Suoh

Lokasi tempat wisata Kawah Suoh ada di kawasan gunung berapi di Lampung. Pemandangan kawah ini menyerupai tempat wisata luar negeri karena menyajikan panorama alam yang sangat luar biasa.

Kawah Suoh juga masih aktif mengeluarkan banyak asap yang menjadi ciri khas dan menciptakan keindahan tersendiri. Oleh sebab itu, banyak wisatawan yang berkunjung kesini karena tertarik dengan fenomena alam tersebut.

21. Taman Nasional Way Kambas

Lampung terkenal dengan hewan liar yang memiliki gading kuat dan besar, yaitu gajah. Taman nasional di Lampung ini menjadi habitat asli untuk para gajah, sekaligus sebagai usaha pemerintah dalam melindungi gajah dari ancaman kepunahan.

Namun, tak hanya gajah saja yang ada di destinasi wisata Lampung ini, masih ada banyak hewan lain yang juga hidup di taman seluas 125.000 hektar ini. Jika kamu belum pernah melihat gajah sebelumnya, maka sangat cocok untuk mengunjungi Taman Nasional Way Kambas saat berlibur.

kamu dapat menikmati jalan-jalan sambil naik di atas gajah dan menonton berbagai atraksi unik dari gajah. Misalnya, atraksi gajah yang mampu melangkahi manusia dengan tepat, gajah bermain bola, sampai gajah yang bisa berjoget saat mendengar alunan musik.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas trekking di kawasan hutan rimba yang masih satu area dengan Taman Nasional Way Kambas. Suasananya hampir mirip dengan hutan liar yang menyimpan banyak kejutan.
Ketika kamu merasa sudah letih, kamu dapat naik perahu yang berada di permukaan sungai berair jernih dan bersih sambil menikmati indahnya pemandangan alam sekitar.

22. Taman Purbakala Pugung Raharjo

Situs sejarah di Lampung ini juga sekaligus menjadi objek wisata yang sarat akan makna. Taman Purbakala Pugung Raharjo memiliki berbagai ikon masa lampau seperti batu mayat, kuburan batu, altar batu, serta meja batu.

Lokasi taman ini jaraknya hanya 52 km dari pusat kota. Oleh sebab itu, apabila kamu mengendarai motor saat berkunjung kesini hanya memerlukan waktu 1 jam saja untuk dapat tiba ke lokasi.

23. Menara Siger

Ada sebuah bangunan yang menjadi ikon kota Lampung yan tampak gagah berdiri di atas bukit sebagai titik nol dari kawasan ini. Selain ketinggian dan besarnya bangunan ini, warna kuning emas juga menjadi ciri khasnya.

kamu dapat melihat pemandangan indah kota Lampung dari atas bukit melalui Menara Siger ini. Lokasinya yang strategis memberikan kamu pemandangan langka dan luar biasa saat melihat panorama alam Lampung dari dalam menara. Ketika berkunjung ke ikon kota Lampung ini, jangan lupa membawa uang untuk membayar biaya parkir dan tiket masuk.

24. Pantai Duta Wisata

Tempat wisata populer di Lampung ini menawarkan kenyamanan bagi setiap pengunjungnya. kamu bisa bermain air, memancing, berenang, mengendarai jetski, atau naik boat di Pantai Duta Wisata.

25. Puncak Mas

wisata lampung

Objek wisata ini mempunyai suguhan panorama alam indah yang menjadi daya pikatnya. Berlokasi di dataran tinggi, sehingga mampu memberikan suasana yang sejuk dan asri bagi kamu saat berkunjung. Uniknya lagi, Puncak Mas mempunyai banyak rumah pohon yang fungsi dan ukurannya berbeda-beda.

26. Pantai Batu Lapis

Pantai Batu Lapis merupakan tempat wisata yang unik di Lampung. Karena memiliki pemandangan sekitar yang hijau dengan udara yang sejuk dan batuan berlapis yang menjadi ikonnya.

27. Pantai Klara

Sebelumnya nama pantai ini adalah Pantai Teluk Baru, namun setelah berganti nama yang tidak tahu kapan tepatnya. Membuat jumlah pengunjung di Pantai Klara menjadi semakin banyak, khususnya ketika musim liburan atau akhir pekan.

Sebaiknya kamu jangan berkunjung pada waktu tersebut, karena pantai akan sangat penuh dan harga tiketnya juga naik menjadi 2 kali lipat. Harga tiketnya sekitar Rp 25.000 bagi kamu yang datang dengan menggunakan mobil dan Rp 15.000 bagi pengendara motor.

Yuk, Liburan ke Tempat Wisata Keren di Lampung!

Itulah tadi 27 rekomendasi tempat wisata keren yang ada di Lampung. Semoga bisa menjadi referensi bagi kamu yang sedang merencanakan liburan ke Lampung.

Jadi, tempat wisata manakah yang kira-kira akan kamu kunjungi dalam waktu dekat? Ketika berwisata jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan supaya tidak terpapar virus covid-19. Selamat berlibur!

Tinggalkan komentar