+11 Makanan Khas Daerah Lampung yang Lezat dan Wajib Kamu Cicipi!

Setiap daerah atau kota di Indonesia selalu memiliki kuliner khas yang menggugah selera. Salah satu kota atau daerah yang mempunyai beragam kuliner adalah Lampung. Banyak makanan khas daerah Lampung yang sangat wajib kamu coba ketika berkunjung ke sana.

Yuk, simak bersama ulasan mengenai kuliner-kuliner daerah Lampung tersebut pada artikel yang satu ini! Siapkan alat untuk menulis wishlist yang hendak kamu coba di antara makanan-makanan berikut ini.

Beberapa Makanan Khas Daerah Lampung yang Lezat

Kamu penasaran dengan makanan khas Lampung yang bisa dicicipi? Tidak perlu berlama-lama mari kita bahas bersama berikut ini:

1. Pisro Ikan

makanan lampung

Hidangan pertama yang khas daerah ini adalah pisro. Pisro adalah kuliner yang terbuat dari ikan tembakang atau ikan betok. Cara memasaknya adalah dengan cara membakar atau memanggangnya.

Cita rasa kuliner ini tentu saja gurih dengan daging ikan yang tebal serta sangat padat. Ada banyak rempah yang masuk dalam hidangan pisro ikan. Akan sangat cocok apabila kamu nikmati dengan nasi pasar.

2. Makanan Khas Daerah Lampung Seruit

makanan khas daerah lampung

Jika berbicara soal kuliner daerah yang satu ini, maka tidak akan lepas dari hidangan bernama seruit. Warga Lampung pastinya setuju kalau menjadikannya sebagai kuliner paling wajib untuk kamu cicipi.

Makanan Lampung yang satu ini kerap kali menjadi hidangan pada acara-acara penting yang ada di sana seperti resepsi nikahan dan kegiatan lainnya. Seruit berisikan olahan ikan goreng atau bakar yang tersaji bersama sambal terasi, tempoyak, serta sambal mangga.

Ada beberapa ikan yang biasanya menjadi bahan baku Seruit, yaitu ikan baung, lais, balide, dan beberapa ikan sungai lain.

3. Sayur Rotan Muda Umbu

ciri khas makanan lampung

Saat kamu berkunjung ke Lampung maka salah satu kuliner yang tidak boleh ketinggalan untuk kamu coba adalah umbu. Apa itu umbu?

Hidangan ini terbuat dari batang rotan muda. Batang tersebut nanti direbus selama beberapa menit untuk mendapatkan tekstur yang lunak. Di Lampung umbu biasanya bercampur dengan tumisan sayur lain atau juga menjadi lalapan saat makan.

Kini, karena rotan mulai susah orang cari, sayur rotan muda umbu hanya ada saat acara-acara penting saja, seperti untuk acara adat.

4. Geguduh

makanan di lampung

Kamu pecinta hidangan manis dan gurih? Maka jangan lewatkan kesempatan mencoba makanan khas daerah Lampung bernama Geguduh. Geguduh merupakan makanan khas daerah Lampung yang biasanya jadi cemilan.

Kuliner ini terbuat dari pisang kepok yang dihaluskan haluskan hingga lembut, lalu dicampur dengan tepung terigu hingga rata. Kemudian goreng di atas minyak panas hingga matang. Makanan Lampung geguduh ini sangat pas kamu hidangkan bersama kopi hitam panas di pagi hari.

5. Gulai Taboh

makan enak lampung

Setelah ada yang manis-manis, kini giliran makanan gurih, yaitu gulai taboh. Bahan dasar makanan khas Lampung ini adalah ikan dan air santan. Kemudian juga ada tambahan lain seperti sayur rebung, irisan kol, kacang panjang, dan juga kacang merah.

Tampilannya mirip sayur lodeh dengan warna putih dari santannya. Ikan yang orang Lampung gunakan saat membuat gulai taboh biasanya adalah ikan tuna atau ikan tongkol. Gulai taboh sangat cocok kamu makan dengan nasi hangat.

6. Gabing

makanan khas lampung paling enak

Makanan khas daerah Lampung yang berikut ini sudah sangat jarang kamu temui orang masak untuk konsumsi sehari-hari. Namanya adalah sayur gabing yang terbuat dari batang kelapa muda, di Jawa orang menyebutnya pondoh.

Orang Lampung biasanya memasak hidangan ini dengan kuah santan dan bumbu rempah penyedap lainnya. Cita rasa makanan Lampung ini dominan manis dengan tekstur yang renyah mirip dengan rebung. Kamu pastinya akan ketagihan saat mencicipinya nanti ketika punya kesempatan berkunjung kesana.

7. Makanan Khas Sambal Asam Kembang Lampung

makanan favorit lampung

Selain makanan-makanan yang ada di atas, kamu juga perlu mencoba cicipi salah satu sambal khas Nusantara yang berasal dari Lampung berikut ini. Sebutannya adalah sambal asam kembang yang tidak menggunakan asam Jawa saat proses pembuatannya. Lalu dari mana asal asamnya?

Sambal asam kembang sebagai makanan khas Lampung adalah kuliner yang terbuat dari terasi dan bunga kembang yang mirip dengan buah mangga muda. Biasanya orang Lampung menyantapnya bersama olahan lauk ikan seperti seruit.

8. Engkak

makanan khas lampung engkak ketan

Engkak adalah camilan Lampung yang mirip dengan kue lapis legit di Jawa. Meskipun bentuknya secara kasat mata mirip dengan kue lapis, tetapi kuliner ini berbeda. Terutama pada teksturnya yang lebih lembut serta lebih tahan lama. Rasanya manis dan sangat cocok untuk camilan keluarga.

Hidangan ini biasanya orang-orang nikmati di pagi hari untuk sarapan atau cemilan menemani kopi Lampung yang masih hangat. Bahan dasarnya sangatlah sederhana, yaitu mentega dan telur.

Oleh-oleh Khas Lampung

Selain makanan khas daerah Lampung, ada juga beberapa oleh-oleh yang patut kamu jadikan buah tangan untuk keluarga di rumah ketika berkunjung ke Lampung. Di bawah ini adalah beberapa oleh-oleh dari Lampung yang bisa kamu pilih:

9. Keripik Nangka

Di Lampung kamu akan bisa menemukan berbagai macam keripik, salah satu yang terkenal adalah keripik nangka. Jajanan yang satu ini cocok untuk kamu bawa ke rumah sebagai oleh-oleh. Rasanya gurih dan membuat kamu yang makan pasti ketagihan untuk terus mengunyahnya lagi dan lagi.

10. Kerupuk Kemplang Khas Daerah Lampung

Buat kamu yang suka dengan makanan camilan yang renyah, maka patut mencoba oleh-oleh khas Lampung yang satu ini, yaitu kerupuk kemplang. Di Bandar Lampung sangat mudah menemukan jajanan yang satu ini.
Kemplang sendiri terbuat dari ikan.

Cemilan yang satu ini tidak seperti kerupuk pada umumnya yang melalui proses goreng. Kemplang matang setelah melalui proses pemanggangan. Jadi kamu bisa mengurangi konsumsi makanan berminyak.

11. Keripik Pisang Berbagai Varian Rasa

Bagi kamu yang suka cemilan manis, maka jangan sampai kelewatan untuk membeli jajanan khas Lampung berupa keripik pisang. Bagi masyarakat Indonesia, keripik pisang khas Lampung ini sangatlah populer karena kelezatannya.

Keripik ini biasanya terbuat dari pisang kepok yang terpotong tipis. Untuk menambah rasanya, akan ada taburan bubuk aneka rasa. Sehingga, menghasilkan keripik pisang yang beraneka ragam varian rasa.

Mulai dari rasa original, coklat, susu, balado, sapi panggang, stroberi, matcha hingga rasa-rasa lain yang cukup unik. Kamu bisa membeli oleh-oleh khas Lampung ini dalam ukuran tertentu. Ada yang terjual dengan berat 250 gram, 500 gram hingga yang 1 kilogram. Harganya juga terjangkau dan ramah kantong.

Tertarik untuk Mencicipi Makanan Khas Daerah Lampung?

Berkunjung ke Lampung dan mencicipi makanan khas daerah setempat bisa menjadi alternatif wisata yang sayang jika kamu lewatkan. Jangan lupa setelah puas berlibur untuk membawa oleh-oleh khas Lampung untuk sanak saudara di rumah yang harganya sesuai budget!

Tinggalkan komentar