WASPADA!! Status Gunung Krakatau Sudah Masuk Tingkat 3

Lampungonline.id – Status Gunung Anak Krakatau dikala ini sudah bertambah yang tadinya masih di tingkat II kini telah jadi tingkat III. Perhatian untuk warga, nelayan serta para turis dimohon tidak mendekat dalam radius kurang lebih 5 km.

” Statusnya kini telah ditingkatkan menjadi tingkat III semenjak Pekan ( 24/ 4) pada jam 18 : 00 Wib,” ungkap Petugas Pos Pantau Anak Krakatau di Lampung Selatan, Andi pada Senin( 25/ 4) dilansir dari situs Antara.

Andi mengungkapkan bahwa gunung tersebut masih menghasilkan suara gemuruh serta kini hadapi erupsi. Sebaliknya pagi tadi Anak Krakatau hadapi penyusutan kegiatan, tetapi petugas masih memantau perkembangannya.

” Warga dapat menghubungi Badan Penanggulangan Bencana wilayah lampung ( BPBD) ataupun Pos Pantau buat ketahui status serta situasinya,” ungkapnya. Dari informasi Departemen Energi serta Sumber daya Mineral atau  ESDM, tercatat 1 sampai 24 April 2022 terjalin 21 kali gempa letusan Gunung Anak Krakatau.

Tidak hanya itu, terdapat 155 gempa hembusan, 121 gempa low frequency, 17 gempa vulkanik dangkal, 38 kali gempa vulkanik dalam, 6 kali gempa tektonik jauh, serta 1 gempa terasa dengan skala I MMI.

Secara pengamatan visual, besar hembusan asap sepanjang periode tersebut dari arah pos Pasauran serta Kalianda biasanya jelas sampai tertutup kabut. Dikala cuaca terang, teramati embusan asap kawah bercorak putih dengan besar kolom embusa 25 hingga 3. 000 m dari puncak gunung.

Tidak hanya itu teramati letusan dengan besar kolom 50 hingga 2. 000 m dari atas puncak gunung, Kolom abus letusan bercorak putih sampai kehitaman dengan arah angin ke tenggara dan selatan.

Ada pula dikala ini volume gunung tersebut susut dari 150 – 180 juta m2 sampai dikala ini cuma tersisa 40 – 70 juta m kubik usai erupsi pada 2018 kemudian.

Artikel Menarik Untuk Anda :  JADWAL IMSAKYAH BANDAR LAMPUNG RAMADHAN 2022

Walaupun demikian Pusat Vulkanologi serta Mitigasi Bencana Geologi( PVMBG) Departemen ESDM menegaskan bahaya yang ditimbulkan Gunung Anak Krakatau merupakan lontaran material lava pijar.” Dengan volume tersisa, kemampuan terjalin tsunami kecil,” demikian penjelasan PVMBG pada 28 Desember 2018 silam.

sumber : https://katadata.co.id/

Tinggalkan komentar